Kerja di rumah
Home » » Keluarga Wakil Bupati Labuhanbatu Di Sensus Petugas « Jurnal ...

Keluarga Wakil Bupati Labuhanbatu Di Sensus Petugas « Jurnal ...

Wakil Bupati Labuhanbatu H Sudarwanto S SP, sedang memberikan keterangan kepada petugas sensus penduduk. Sudarwanto didampingi Kepala BPS (Biro Pusat Statistik Labuhanbatu, Nizamuddin SE, Msi. (foto : Jurnal / yasmir chaniago)

Rantauprapat, (Jurnal)

Usai menjalani sensus penduduk ditempat kediaman dinasnya di Jalan Pramuka Rantauprapat, Sabtu pagi (1/5), Wakil Bupati Labuhanbatu H Sudarwanto S SP menyampaikan harapannya, agar masyarakat di daerah ini benar-benar aktif menyukseskan Sensus Penduduk 2010.

Karena data yang akan dikumpulkan sangat penting bagi Negara guna memastikan program-program di pusat dan daerah berjalan efektif.
Kepada wartawan yang turut memantau pelaksanaan sensus penduduk di tempat kediaman dinasnya itu, Sudarwanto mengatakan, data kependudukan, sangat penting untuk menghitung sasaran dalam program-program pembangunan. Seperti bantuan pendidikan, Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat), bantuan untuk lanjut usia serta anak terlantar, termasuk diantaranya untuk pengucuran DAU (Dana Alokasi Umum) agar tidak salah target tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Dalam kesempatan itu, wakil bupati yang bakal ikut sebagai salah satu kandidat bakal calon bupati di Kabupaten Labuhanbatu Selatan itu mengimbau, agar masyarakat terutama di daerah terpencil agar memberi keterangan sebenar-benarnya mengenai kondisi rumah tangga mereka. Seperti penerangan dan sanitasi, agar dapat diketahui persis berapa jumlah masyarakat didaerah ini belum sejahtera yang membutuhkan bantuan pemerintah.

Kepada petugas, dia juga meminta, agar dapat melaksanakan tugasnya sebagaimana mestinya. Sesuai dengan ketentuan yang telah digariskan
Pemerintah melalui BPS (Biro Pusat Statistik) Labuhanbatu.

Sensus Penduduk di rumah dinas Wakil Bupati Labuhanbatu tersebut, dilakukan sejumlah petugas, disaksikan langsung Kepala BPS Labuhanbatu Nizammuddin SE, Msi, serta Camat Rantau Utara, Drs April.

Dalam pendataan sensus penduduk tersebut, wakil bupati didampingi sejumlah keluarganya, baik anak, menantu, pembantu, juga beberapa anak asuh yang menjadi tanggungannya,

Ada puluhan pertanyaan yang diajukan petugas sensus kepada Wakil Bupati Labuhanbatu H Sudarwanto S SP dan keluarganya. H Sudarwanto S SP dan keluarganya, mendapatkan pertanyaan data pribadi seperti tempat dan tanggal lahir, usia, serta jenis kelamin.

Petugas juga menanyakan jumlah penghuni di rumah dinas Wakil Bupati Labuhanbatu tersebut.

Wakil Bupati Labuhanbatu menjawab, dia tinggal di rumah dinas, bersama isterinya nyonya Sabariah, serta putranya, beberapa keluarganya, pembantu rumah tangganya, serta beberapa anak asuhnya.

Kepada Sudarwanto, petugas sensus juga menanyakan kondisi rumah, seperti sumber air, energi, serta akses komunikasi di rumah dinasnya itu. Dijelaskannya, ia dan keluarganya tidak mendapatkan kesulitan untuk mendapatkan sumber air, energi, serta akses komunikasi di rumah tersebut. Sumber air yang digunakan, dari PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) dan air sumur. Sedangkan untuk sumber energi atau bahan bakar, dia menggunakan gas, kayu, minyak tanah dan listrik.

Usai mendata keluarga Wakil Bupati Labuhanbatu, petugas sensus menyerahkan satu rompi dan topi. Kemudian didampingi Kepala BPS Labuhanbatu, Nizamuddin, H Sudarwanto menempelkan stiker di pintu depan rumahnya. Sebagai tanda keluarga Wakil Bupati Labuhanbatu sudah mengikuti Sensus Penduduk 2010.

Sebelum mendatangi rumah dinas wakil bupati, petugas sensus terlebih dahulu melakukan pendataan di rumah dinas Ketua DPRD Labuhanbatu nyonya Hj Ellya Rosa Siregar.(yas)

0 komentar:

Posting Komentar